Kiat Memilih Travel Umroh Murah Terpercaya

Belum lama ini kita dihebohkan dengan kasus First Travel. First travel diketahui sebagai salah satu travel umroh yang berani menawarkan biaya umroh lebih murah dibandingkan kompetitornya. Tak heran penawaran tersebut disambut antusias oleh calon jemaah yang ingin umroh. Namun, ternyata pemilik First Travel menggelapkan dana calon jemaahnya sendiri sehingga banyak yang gagal diberangkatkan ke Baitullah. 

Kasus tersebut menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati memilih travel umroh. Ikuti kiat berikut ini agar tidak tertipu biaya umroh murah: 

1. Pastikan Travel Umroh yang Dipilih Terdaftar di Kementerian Agama 


Travel telah terdaftar di Kementerian Agama umumnya lebih terpercaya dari yang tidak. Sebab, untuk bisa masuk dalam daftar tersebut, pihak travel harus memenuhi sejumlah syarat. Mulai dari surat izin tetap usaha, NPWP, SK Menteri Kehakiman, dan sebagainya. Jadi identitas travel beserta pemiliknya jelas dan akurat. 

2. Travel Punya Kantor dan Alamat Tetap 


Lakukan survei terhadap penawar jasa umroh. Jika travel tersebut tidak memiliki kantor yang jelas, sebaiknya abaikan penawarannya sekalipun menggiurkan. Sebab apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, akan sulit melacak keberadaannya. 

3. Cari Tahu Rekam Jejaknya 


Rekam jejak atau track record suatu travel sedikit banyak terbaca dari usia travel berdiri dan seberapa sering menyelenggarakan perjalanan haji. Biaya umroh yang ditawarkan travel-travel berpengalaman biasanya agak lebih tinggi, namun pelayanan yang didapat akan lebih memuaskan karena mereka tahu apa-apa saja yang dibutuhkan calon jemaah di tanah suci kelak. 


4. Pelajari Lebih Detail Fasilitas yang Ditawarkan 


Jangan buru-buru membayar. Pelajari dulu fasilitas apa yang akan Anda terima dari pihak travel dan fasilitas yang harus ditanggung sendiri. Jika menurut hitungan Anda cocok dan terjangkau, barulah lakukan pembayaran. 

5. Cek Metode Pembayaran 


Travel resmi umumnya tidak menerima pembayaran tunai. Mereka pasti menyarankan calon jemaah menyetor dana ke rekening perusahaan, bukan rekening atas nama perorangan. 

6. Minta Rekomendasi Teman atau Kolega 


Rekomendasi dari teman atau kolega juga patut diperhitungkan. Pengalaman-pengalaman dari mereka yang telah lebih dulu berumroh akan sangat membantu Anda dalam memilih travel terbaik. 

Itulah 6 kiat utama memilih travel umroh murah dan terpercaya. Semoga dapat diterapkan oleh Anda yang ingin melakukan perjalanan religi ke tanah suci.

Rekomendasi Travel Umroh Terpercaya MAP Tour & Travel

Back To Top